Rabu, 02 Januari 2013

Mengenal Lingkaran dan unsur-unsurnya


a.       Pengertian Lingkaran
Coba kamu perhatikan Gambar secara seksama!



Jam dinding, ban mobil, dan uang logam pada gambar di atas merupakan contoh benda-benda yang memiliki bentuk dasar lingkaran. Secara geometris, benda-benda tersebut dapat digambarkan seperti pada Gambar 1. Misalkan A, B, C merupakan tiga titik sebarang pada lingkaran yang berpusat di O. Dapat dilihat bahwa ketiga titik tersebut memiliki jarak yang sama terhadap titik O. Dengan demikian, lingkaran adalah kumpulan titik-titik yang membentuk lengkungan tertutup, di mana titik-titik pada lengkungan tersebut berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Titik tertentu itu disebut sebagai titik pusat lingkaran. Pada Gambar 1 , jarak OA, dan OC disebut jari-jari lingkaran.

b.      Unsur-Unsur Lingkaran
Perhatikan gambar daerah lingkaran di bawah ini.
    



1)      Titik Pusat
Titik pusat lingkaran adalah titik yang terletak di tengah-tengah lingkaran.
2)      Jari-Jari (r)
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jari-jari lingkaran adalah garis dari titik pusat lingkaran ke lengkungan lingkaran.
3)      Diameter (d)
Diameter adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran dan melalui titik pusat.
4)      Busur
Dalam lingkaran, busur lingkaran merupakan garis lengkung yang terletak pada lengkungan lingkaran dan menghubungkan dua titik sebarang di lengkungan tersebut.
5)      Tali Busur
Tali busur lingkaran adalah garis lurus dalam lingkaran yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran. Berbeda dengan diameter, tali busur tidak melalui titik pusat.
6)      Tembereng
Tembereng adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur.
7)      Juring
Juring lingkaran adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari lingkaran dan sebuah busur yang diapit oleh kedua jari-jari lingkaran tersebut.
8)      Apotema
Pada sebuah lingkaran, apotema merupakan garis yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengan tali busur lingkaran tersebut. Garis yang dibentuk bersifat tegak lurus dengan tali busur.

5 komentar:

  1. Makasih cuk, kalo gk ada ini mampus gw =v.

    BalasHapus
  2. SAYA MENDETEKSI ADA YANG MENGGUNAKAN
    ITEM BLACK PAPER, BLACK PAPER YAITU APK
    YANG BISA MEMBOBOL ATAU MEMBOCORKAN DATA DATA PENTING

    BalasHapus
  3. Trimakasih bermanfaat banget kak😊

    BalasHapus